Sejarah Perkembangan Ulumul Qur'an

Al-Qur’anul karim adalah mu’jizat Islam yang kekal, tidaklah bertambah kemajuan ilmu pengetahuan kecuali hanya menguatkan kemu’jizatannya,...

Al-Qur’anul karim adalah mu’jizat Islam yang kekal, tidaklah bertambah kemajuan ilmu pengetahuan kecuali hanya menguatkan kemu’jizatannya, diturunkan kepada nabi Muhammad saw untuk mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya, sebagai petunjuk kejalan yang lurus. Rasulullah menyampaikan kepada para sahabatnya “Arab asli” mereka memahami dengan mudah, dan jika mereka kesulitan memahami suatu ayat mereka bertanya pada rasulullah saw secara langsung, sehingga selain penyampai wahyu beliau juga menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an yang perlu penjelasan. Sebagai contoh ketika turun ayat;
الذين آمنوا ولم يلبسوا إيمانهم بظلم (الأنعام : 82)
Artinya: Orang-orang yang beriman dan tidak mencampur keimanan mereka dengan kezaliman. (al-an’am : 82)
Beliau saw tafsirkan kezaliman dengan syirik.
Atau ketika turun ayat
وأعدوا لهم مااستطعتم من قوة .... (الأنفال : 60)
Artinya: Dan persiapkanlah untuk menghadapi mereka semampu kalian dari kekuatan …(al-anfal:60)
Rasulullah saw menafsirkan kekuatan dengan lemparan (panah dan lembing).
Para sahabat sangat menaruh perhatian pada talaqi Al-Qur’an dari rasulillah saw, menghafal dan memahaminya, bahkan ini merupakan kehormatan bagi mereka. Anas bin Malik ra berkata: “ Dizaman kami orang yang dapat membaca surat al-baqoroh dan ali imran sangat dihormati”.
Ketika itu rasulullah tidak mengizinkan pencatatan  selain al-Qur’an, khawatir terjadi pencampuran dengan yang lainnya, sebagaimana sabdanya;
لاتكتبوا عني، ومن كتب عني غير القرآن فليمحه، وحدثوا عني لاحرج، ومن كذب علي متعمدا فليتبوأ مقعده من النار
Artinya:  Janganlah menulis ucapanku, siapa yang menulis dariku selain al-Qur’an hendaklah menghapusnya, sebarkanlah ucapanku, dan siapa yang dengan sengaja berdusta atas namaku maka bersiap-siaplah untuk menempati tempat duduknya di neraka. (HR Muslim)
Pengajaran dan penyebaran al-Qur’an pada masa rasul bertumpu pada talaqi, dan ini berlangsung sampai pada masa khilafah Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Pada masa Kholifah Usman bin Affan kondisi telah menuntut untuk menyatukan ummat Islam dalam satu mushaff, maka dibukukanlah al-qur’an dalam satu mushaf yang diberi nama mushaf al-imam, dan dikirimkan mushaf itu ke pusat-pusat perkembangan Islam. Tulisan ini kemudian disebut rasm utsmani dan ini merupakan permulaan “ilmu rasmul-Qur’an”.
Pada masa kholifah Ali bin Abi Tholib, atas perintah beliau Abul-aswad adduali membuat qoidah nahwu untuk menjaga keselamatan dan ketepatan mengucapkan /membaca al-Qur’an, dan ini merupakan permulaan ilmu “I’rabul-Qur’an”.
Para sahabat terus mempelajari ma’na al-Qur’an dan tafsirnya kepada sesama mereka disebabkan perbedaan kemampuan mereka juga perbedaan mulazamah mereka pada rasulullah, demikian juga datang para tabiin yang mengambil ilmu dari mereka.

Para mufassir dari kalangan sahabat antara lain : Kholifah yang empat, Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas, Ubai bin Ka’ab, Zaid bin  Tsabit, Abu Musa Al-Asy’ari, dan Abdullah bin Zubair.
Adapun mufassir dari kalangan tabiin adalah mereka yang mengambil tafsir dari para sahabat, antara lain; Sa’id bin Jubair, Mujahid, Ikrimah, Zaid bin Aslam, Alqomah bin Qois, Masruq dan lain-lainnya.
Yang diriwayatkan dari mereka meliputi; ilmu tafsir, ilmu ghoribil-Qur’an, ilmu asbabun-nuzul, ilmu makki dan madani, ilmu nasikh dan mansukh, akan tetapi semuanya masih bersandar pada talaqi dengan lisan.

Pada abad kedua hijriyah dimulailah pembukuan hadits-hadits nabi dalam berbagai bab termasuk bab yang berkaitan dengan tafsir al-Qur’an, dan para ulama pun mulai mengumpulkan riwayat-riwayat dari tafsir al-Qur’an yang diriwayatkan dari rasulullah, sahabat maupun tabiin.
Mereka adalah Yazid bin Harun Assulami (117 H), Syu’bah bin Hajjaj (160 H), Waqi’ bin Jaroh (197 H), Sufyan bin ‘Uyainah (198 H), Abdurrazaq bin Hammam (211 H). Mereka adalah ahli-ahli hadits, mereka mengumpulkan tafsir dalam bab-bab hadits.

Kemudian datang sekelompok ulama yang mengikuti langkah mereka, meletakkan tafsir al-Qur’an yang menyeluruh berdasarkan urutan ayatnya, yang terkenal adalah Ibnu Jarir Athobari (310 H).
Demikianlah dimulai tafsir dengan talaqi dan riwayah, kemudian ditulis dalam bab dari bab-bab hadits, kemudian ditulis dalam buku yang terpisah, kemudian diikuti dengan tafsir bilma’tsur, dan tafsir birra’yi.
Demikian juga tema-tema yang terkait dengan al-Qur’an mendapatkan perhatian dari para mufassir, sebagai contoh; Ali bin Madini (234 H) menulis Asbabun nuzul, Abu Abid Al-Qosim bin Sulam (224 H) menulis Nasih dan Mansuh, dan Qiro’at, Ibnu Qutaibah (276 H) menuls Musykilil Qur’an, mereka adalah ulama abad ketiga hijriyah.
Demikianlah tafsir dan tema-tema yang menunjangnya terus ditulis para ulama dari generasi ke generasi sampai sekarang.

COMMENTS

Nama

#ModalLaptopRezekiTop Al-Mizan Artikel Baduy Bahasa Belajar Sedekah Biyang BlackBery Bola Bola Indonesia BukuWaki Catatan Contact Us Demokrasi Design FM FM 2012 Game Idul Adha Islam Kampus Keras Kiat Sukses Konstitusi Laptop Layout Linguistik Makalah Manusia Melia Nature Novel Perjuangan Pondok Prediksi Liga Ingris Prediksi Liga Spanyol Propolis Puisi surat Teman Tips Trik Trik & Tips Tutorial Ps Uin Jakarta Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Video Windows
false
ltr
item
Waki Ats Tsaqofi's Official Web: Sejarah Perkembangan Ulumul Qur'an
Sejarah Perkembangan Ulumul Qur'an
Waki Ats Tsaqofi's Official Web
http://www.waki14.com/2011/12/sejarah-perkembangan-ulumul-quran.html
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/2011/12/sejarah-perkembangan-ulumul-quran.html
true
5178145929524703767
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy