Makalah Vokal Arab

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Linguistik sebagai ilmu dasarnya perlu diperkuat dan diperhatikan. Fonologi merupakan bagi...


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Linguistik sebagai ilmu dasarnya perlu diperkuat dan diperhatikan. Fonologi merupakan bagian dari subdisiplin linguistik yang disebut linguistik terapan.
Salah satu pengetahuan yang dipergunakan untuk memahami suatu bahaa adalah pengetahuan tentang posisi dan fungsi bunyi dalam bahasa; juga bagaimana bunyi itu dirangkai dalam bentuk beberapa unit makna. Oleh karena itu, pengetahuan tentang suatu bahasa tidak dianggap legkap dengan hanya memhami morfem, kata, frase, dan kalimat saja tanpa mengetahui bunyi bahasa.
Bahasa merupakan gejala bunyi. Dengan kata lain bahasa mulanya merupakan system lambing buyi yang diucapkan dan dipergunakan untuk berinteraksi. Manusia sudah berinteraksi dengan menggunakan bahasa selama ribuan tahun, sebelum ia bisa menuliskannya. Karenanya bunyi menjadi dasar bahasa. Konsekuensi logis dari anggapan ini adalah dassar analisis cabang-cabang linguistik apa pun (fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, leksikologi, dan lainnya) mengacu pada korpus data yang bersumber dari bahasa lisan, walaupun yang dikaji sesuai dengan konsentrasinya masing-masing. Misalnya, fonologi berkonsentrasi pada bunyi, morfologi pada struktur internal kata, sintaksis pada struktur kata dalam kalimat, semantik padamakna, dan lainnya.
Dalam fonetik yang dibicarakn ialah system bunyi suatu bahasa terutama menyangkut bagaimana menghasilkan bunyi itu, bagaimana bunyi itu ditangkap oleh alat pendengaran, dan bagaimana penutur menyampaikan bunyi tersebut.
Setiap bahasa memiliki bunyi tersendiri yang gunanya untuk membedakan bentuk satu dengan lainnya. Bahasa Indonesia memiliki bunyi-bunyi yang dikenal dengan konsonan dan vokal.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu vokal?
2.      Bagaimana klasifikasi bunyi vokal itu?
3.      Bagaimana cara pembuatan vokal?
4.      Bagaimana vokal dalam bahasa Arab?
C.     Tujun
1.      Mengetahui vokal
2.      Mengetahui klasifikasi vokal
3.      Pembuatan bunyi vokal
4.      Mengetahui vokal dalam bahasa arab








BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Vokal
Vokal adalah bunyi bahasa yang dihasilkan dengan melibatkan pita-pita suara tanpa penyempitan atau penutupan apa pun pada tempat pengartikulasian manapun. Demikian definisi yang dikemukakan oleh para ahli bahasa, seperti Alwi dll.(1993: 40), Verhaar (19999: 33) dan Bisyr (1990: 74). Secara Matthews (1997: 399) menyebutkan bahwa konsep vokal (vowel) dulunya berasal dari Yunani dan Latin.
Kualitas vokal pada bunyi bahasa bergantung pada tiga faktor berikut:
1.      Tinggi-rendahnya posisi lidah;
2.      Bagian lidah yang dinaikan, dan
3.      Bentuk bibir pada pembentukan vokal itu.

B.     Klasifikasi Bunyi Vokal
Bunyi dapat diklasifikasikan berdasarkan tinggi rendahnya lidah, bagian lidah yang bergerak, struktur, dan bentuk bibir. Berdasarkan tinggi-rendahnya lidah, maka vokal dibedakan adanya vokal tinggi, misalnya [i, (I), u (U)]; vokal madya, misalnya [e, (E), o, (O)]; dan vokal rendah,misalnya bunyi [a,a]. berdasarkan lidah yang bergerak vokal dibedaka adanya vokal depan, yaitu vokal dihasilkan oleh gerakan peranan turun naiknya lidah bagian depan, misalnya bunyi [I, e, E,a] dan [e]; vokal tengah, yaitu vokal yang dihasilakan oleh gerakan peranan lidah bagian tengah, misalnya bunyi [a]; dan vokal belakang,  yaitu vokal yang digerakan peranan turun naiknya lidah bagian belakang (pangkal lidah), misalnya bunyi [u, o, o, a]. untuk lebih jelah dapat dilihat posisi lidah dalam mengucapkan vokal di bawah ini.
Gambar 1
Posisi Lidah dalam Mengucapkan Vokal Depan









Gambar 2
Posisi Lidah dalam Mengucapkan Vokal Tengah





                                                                                                                   






Gambar 3
Lidah dalam Mengucapkan Vokal Belakang







Struktur ialah keadaan hubungan posisional artikulator aktif dengan artikulator pasif (Lapoliwa dalam Marsono, 2006: 31). Karena vokal tidak ada artikulasi, maka struktur untuk vokal ditentukan oleh jarak lidah dengan langit-langit. Menurut strukturnya, maka vokal dapat dibedakan atas (1) vokal tertutup (close vowels), yaitu vokal yang dibentuk dangan lidah diangkat setinggi mungkin mendekati langit-langit dalam batas vokal. Vokal tertutup ini dapat digambarkan terletak pada garis yang menghubungkan antara [i] dengan [u]. jadi vokal [i] dan [u] menurut strukturnya merupakan vokal tertutup, (2) vokal semi-tertutup (half-close), yaitu vokal yang dibentuk dengan lidah diangkat dalam ketinggian sepertiga dibawah tertutup atau dua pertiga di atas vokal yang paling rendah, terletak pada garis yang menghubungkan antara vokal [e] dengan [0]. Dengan demikian, vokal [e] dan [o] adalah semi-tertutup, (3) vokal semi-terbuka (half-open), yaitu vokal yang dibentuk dengan lidah diangkat dalam ketinggian sepertiga di atas vokal yang paling rendah atau dua pertiga di bawah vokal tertutup. Letaknya pada garis yang menghubungkan vokal [ ] dengan [ ], dan (4) vokal terbuka (open vowels), yaitu yang terbentuk denga lidah dalam posisi serendah mungkin, pada garis yang menghubungkan antara vokal [a] dengan [ ].
Untuk posisi tiinggi-rendahnya lidah keadaan lidah mana yang bergerak dan strukturnya secara ringkas dapat dilihat pada bagan berkut.







Menurut bentuk bibir vokal dapat dibedakan menjadi vokal bulat dan vokal takbulat. Vokal bulat yaitu vokal yang diucapkan dengan bentuk bibir bulat. Bentuk bibir bulat bisa terbuka atau tertutup, misalnya vokal [o] dan vokal [u], dapat kita lihat pada gambar berikut.
Gambar 4
Bentuk Bibir Bulat




Vokal tak bulat, yaitu vokal yang diucapkan dengan bentuk bibir takbulat atau terbentang lebar, misalnya vokal [i. e, a]. bentuk bibir terbentang lebarbseberti gambar berikut.


Gambar 5
Bentuk Bibir Takulat





Berdasarkan uraian tentang posisi tinggi rendahnya lidah, bagian lidah yang bergerak, keadaan struktur, dan bentuk bibir diatas dapat kita buat bagan vokal yang lebih sederhana berikut ini.


Depan
Tengah
Belakang
Struktur
Takbulat
Bulat
Netral

Tinggi
i
u:

Tertutup
Madya
e
o
o

Semi tertutup
Semi terbuka
Rendah
a
A

Terbuka








C.     Vokal dalam Bahasa Arab
Bentuk vokal, dalam bahasa Arab, lazim disebut dengan harakat. Vokal dalam bahasa Arab ada tiga macam, yaitu
1.      Vokal pendek. Vokal iniada tiga jenis, yaitu:
a.       Dhammah (ــــــــُـــــ), merupakan bunyi huruf sama dengan huruf vokal [u], dan ditulis di atas huruf. Contoh:
وُ
Wu
حُ
Hu
ثُ
Tsu
بُ
Bu
لُ
Lu
دُ
Du
مُ
Mu
شُ
Syu

b.      Fathah (ـــــــَــــ), merupakan bunyi huruf sama dengan huruf vokal [a], dan ditulis di atas huruf. Contoh:
شَ
Sya
ذَ
Dza
يَ
Ya
نَ
Na
بَ
Ba
تَ
Ta
كَ
Ka
هَ
Ha

Akan tetapi, untuk huruf-huruf berikut, bunyi vokal fathahnya sama dengan vokal [o]
طَ
Tho
ظَ
Dzo
ضَ
Dho
خَ
Kho
غَ
Gho
صَ
Sho
قَ
Qo
رَ
Ro

c.       Dhammah (ــــــــِـــــ), merupakan bunyi huruf sama dengan huruf vokal [i], dan ditulis di atas huruf. Contoh:
ضِ
Dhi
قِ
Qi
لِ
Li
فِ
Fi
كِ
Ki
جِ
Ji
يِ
Yi
طِ
Thi

2.      Vokal panjang. Hal ini bisa disebut dengan mad (مد). Vokal panjang terjadi mana kala vokal pendek diikuti dengan huruf-huruf yang dianggap mirip vokal tersebut, berikut adalah beberapa huruf tersebut.
a.       Dhammah diikuti dengan wawu (و) menjadi [u:]. Contoh;
دُرُوْسٌ
Duru:sun
بُيُوْتٌ
Buyu:tun
مَكْتُوْبٌ
Maktu:bun
يَقُوْلُ
Yaqu:lu

b.      Fathah diikuti dengan alif (ا) menjadi [a:]. Contoh;
فَاعِلٌ
Fa:’ilun
قَالَ
Qa:la
مُشَاوَرَةٌ
Musya:waratun
طاَعَةٌ
Tha:’atun

c.       Kasrah diikuti dengan ya’ (ي) menjadi [i:]. Contoh;
جَدِيْدٌ
Jadi:dun
مُدِيْرٌ
Mudi:run
يَقِى
Yaqi:
بَعِيْدٌ
Ba’i:dun

3.      Diftong (mad layin), yaitu bunyi kelengkungan [au] atau [ai], dengan rincian sebagai berikut.
a.       Diftong [au] terjadi ketika vokal [a] (fathah) diikuti wawu (و) sukun (mati). Contohnya:
صَوْمٌ
Shoumun
سَوْفَ
Saufa
مَوْلُوْدٌ
Maulu:dun
قَوْمٌ
Qaumun


b.      Diftong [ai], terjadi ketika vokal [a] (harakat fathah) diiringi huruf ya’ (ي) sukun (mati). Contohnya:
مَيْمُوْنَة
Maimu:nah
خَيْرٌ
Khairun
مَيْلَ
Mailun
غَيْرُ
Ghairu





















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dalam bahasa Indonesia memiliki bunyi-bunyi yang dikenal dengan konsonan dan vokal. Bunyi vokal dihasilkan degan pita suara terbuka sedikit. Pita suara yang terbuka sedikit menjadi bergetar ketika dilalui arus udara yang di pompakan dari paru-paru. Arus udara itu keluar melalui rongga mulut yang yang berbentuk sesuai dengan jenis yang dihasilkan. Arus udara dalam pembentukan bunyi vokal setelah melewati pita suara tidak mendapatkan hambatan.
Vokal dalam bahasa Arab hanya ada 3 yaitu fathah [a], kasrah [i], dan dhommah [u].
B.     Saran
Setelah kita mengetahui klasifikasi vokal, dan vokal dalam bahasa Arab, kita harus memperaktekannya dalam kehidupan kita.











DAFTAR PUSTAKA

Hidayatullah, Moch. Syarif. 2012. Cakrawala Linguistik Arab. Tangerang Selatan: Alkitabah.
Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Huda, Nurul. 2012. Tokcer Bahasa Arab. Jakarta: Bening
Chaer, Drs. Abdul. 2003. Pengantar Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
http://pjjpgsd.dikti.go.id/
]
Bisa anda download disini


COMMENTS

Nama

#ModalLaptopRezekiTop Al-Mizan Artikel Baduy Bahasa Belajar Sedekah Biyang BlackBery Bola Bola Indonesia BukuWaki Catatan Contact Us Demokrasi Design FM FM 2012 Game Idul Adha Islam Kampus Keras Kiat Sukses Konstitusi Laptop Layout Linguistik Makalah Manusia Melia Nature Novel Perjuangan Pondok Prediksi Liga Ingris Prediksi Liga Spanyol Propolis Puisi surat Teman Tips Trik Trik & Tips Tutorial Ps Uin Jakarta Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Video Windows
false
ltr
item
Waki Ats Tsaqofi's Official Web: Makalah Vokal Arab
Makalah Vokal Arab
Waki Ats Tsaqofi's Official Web
http://www.waki14.com/2013/03/makalah-vokal-arab.html
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/2013/03/makalah-vokal-arab.html
true
5178145929524703767
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy