Hidup ini Ibadah

Selamat hari Pahlawan sobat Blogger...  “Banyak aktifitas kita yang ternyata jauh dari aktifitas ibadah. Pekerjaan kita, sepi i...

Selamat hari Pahlawan sobat Blogger...


 “Banyak aktifitas kita yang ternyata jauh dari aktifitas ibadah. Pekerjaan kita, sepi ibadah. Belajar kita, sepi dari muatan ibadah.”

Kehendak siapa kita lahir di dunia?
Kehendak Allah. Kalau kehendak kita, niscaya manusia bias memilih siapa orang tuanya, atau warna kulit dan rambutnya, di mana dan kapan dia lahir.

Dan nyatanya?
Tidak ada satupun yang bias memilih. Itu karena Dia, alladzi: khalaqa al-Mauta wa al-Haya:ta, yang menciptakan kehidupan dan kematian.
Dan jika itu adalah kehendak-Nya, maka ketahuilah, tidaklah kemudian kita diberi-Nya kehidupan? Kecuali untuk beribadah kepada-Nya.

Tinggal pertanyaannya sekarang, ngapain saja kemudian kita di dunia ini?

Sudah hampir satu pekan kita menjalankan hari-hari di Tahun Baru Hijriyah 1435 H. kalender baru, dengan tanggal baru, hari baru, diberikan oleh Allah, untuk kita semua memperbaiki diri, sebagai juga kesempatan bertaubat dan mendekatkan diri lagi kepada Allah, Azza wa Jalla.

Apa renungan buat kita semua?
Sudahkah hidup kita menjadi ibadah buat-Nya?
Bagaimana tuh kehidupan yang kita jalankan sehari-hari? Banyak kesia-siaan-kah? Banyak seenda guraunya-kah?

Banyak aktifitas kita yang ternyata jauh dari aktifitas ibadah. Pekerjaan kita, sepi ibadah. Belajar kita, sepi dari muatan ibadah. Mulut kita sih bilang, bahwa kita bekerja sehari-hari adalah untuk ibadah. Masa…? Yang bener…? Buat hidup, iya barangkali. Buat diri kita masing-masing. Jika bismillah saja enggak, maka bukanlah ia menjadi ibadah buat kita. Jika saatnya ibadah wajib dating, alias waktu salat tiba, lalu kita enggak ada perhatiannya, maka janganlah ia disebut sebagai pekerjaan yang menjadi ibadah. Perhatikan juga niatan di awal, perjalanan di tengah, dan rangkaian akhir dari pekerjaan. Stiap hari memiliki awal, tengah, dan akhir.

Piker deh, apa yang menjadi ibadah kita buat Allah.
Renungkan juga apakah hidup kita sudah bermanfaat untuk orang lain?
Bagimana aliran rezeki? Cara mengais rezeki? Bahkan bagaimana cara menggunakan rezeki? Sudahkah Allah menjadi Tuhan Yang Maha Melihat? Apakah ada perasaan sayag jika mengerjakan sesuatu yang tidak ada manfaatnya, sementara umur semakin berkurang?
Apakah ada target yang mau dikejar tahun 1435 H. ini? Menikah barangkali? Umrah ke Tanah Suci barangkali? Menulis buku? Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi? Atau apa? Dan sudahkah kemudian diubah caranya? Mengejar target bersama Allah? Atau mau kayak kemaren-kemaren? Menempuh dengan cara-cara dunia saja?

Sudah taukah kita di mana kita dicabut nyawa oleh Allah kira-kira kalau dicabu, akan lagi ngapain? Memang tidak ada yang tahu. Tapi kalau hati-hati, menjahui tempat-tempat maksiat dan perbuatan-perbuatan maksiat, kapan saja nyawa diambil, akan siap. Na’udzu billah jika nyawa dicabut sementara kita sedang berada di tempat yang tidak baik dan sedang berbuat tidak baik pula.

Inginkah ditahun baru ini, kita memelihara salat tepat waktu? berikut sunnah-sunnahnya? Tidakkah kita ingin menjadi hamba Allah yang tahu kapan Allah akan dating, dalam waktu salat, lalu kita kemudian bersiap-siap menyambut-Nya? Berwudhu, menyiapkan pakaian khusus, memakai wewangian, dan menggembirakan hati karena akan bertemu dengan Allah? Siapa sih Allah? Allah adalah Allah, yang bias membayar hutang semua yang berhutang. Masa enggak seneng bertemu dengan Allah? Kita memohon agar Allah membayarhutang-hutang kita. Siapa sih Allah? Allah adalah Allah, yang bias member jodoh semua yang belum berjodoh. Tidakkah kita seneng menyegerakan diri salat sudah waktunya, sehingga Allah kemudian Allah memilihkan, mencarikan, dan membawakan untuk kita? Tidak ada satupun diantara kita tidak butuh Allah, disegala urusan. Termasuk di urusan-urusan lain yang belum disebut di sini; kekayaan, anak keturunan, modal usaha, ketenangan hidup, dan lain-lainnya. Belum lagi kita butuh Allah di urusan pengampunan dosa dan maaf segala khilaf, dosa dan lalai.

Mudah-mudahan tahun baru ini menjadi tahun yang berbeda buat kita semua. Amien…
Banyak-banyak minta ampun. Banyak-banyak Salat Taubat. Banyak-banyak dzikir. Dan sementara itu, pergiat amal usaha, pergiat belajar. InsyaAllah semua akan disayang Allah.



COMMENTS

Nama

#ModalLaptopRezekiTop Al-Mizan Artikel Baduy Bahasa Belajar Sedekah Biyang BlackBery Bola Bola Indonesia BukuWaki Catatan Contact Us Demokrasi Design FM FM 2012 Game Idul Adha Islam Kampus Keras Kiat Sukses Konstitusi Laptop Layout Linguistik Makalah Manusia Melia Nature Novel Perjuangan Pondok Prediksi Liga Ingris Prediksi Liga Spanyol Propolis Puisi surat Teman Tips Trik Trik & Tips Tutorial Ps Uin Jakarta Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Video Windows
false
ltr
item
Waki Ats Tsaqofi's Official Web: Hidup ini Ibadah
Hidup ini Ibadah
http://2.bp.blogspot.com/-i-yXvv3Md0c/Un8up7rjHnI/AAAAAAAAArU/KMQ2T9f3TQw/s320/ipray.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-i-yXvv3Md0c/Un8up7rjHnI/AAAAAAAAArU/KMQ2T9f3TQw/s72-c/ipray.jpg
Waki Ats Tsaqofi's Official Web
http://www.waki14.com/2013/11/hidup-ini-ibadah.html
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/2013/11/hidup-ini-ibadah.html
true
5178145929524703767
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy