Sistem yang Membuat Golput

Pesta demokrasi lima tahunan yakni pemilihan umum untuk memilih anggota DPR, DPRD dan DPD pada 9 April 2014 tinggal satu hari lagi. Ber...


Pesta demokrasi lima tahunan yakni pemilihan umum untuk memilih anggota DPR, DPRD dan DPD pada 9 April 2014 tinggal satu hari lagi. Berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun pihak partai semua berharap agar tidak ada yang namanya Goplut.

Para mahasiswa yang dikenal sebagai makhluk berpendidikan dan intelek, dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta banyak yang memilih untuk Golput. Mereka rela melepas haknya karena berbagai alasan. Golput memang tidak mencerminkan sikap demokrasi berbangsa dan bernegara dengan baik dan mereka telah memahaminya. Lantas apa yang menjadi alasan mahasiswa untuk golput?

Pertama, karena kendala TPS. Kebanyakan mahasiswa adalah mahasiswa perantauan. Mereka harus memilih di TPS daerah asal padahal untuk menjangkaunya butuh biaya yang tidak sedikit. Mereka enggang pulang kampung hanya sekedar untuk memilih karena kocek yang harus dikeluarkan terlalu besar.

Kedua, mengenai waktu. Waktu pemilihan umum sangat singkat yaitu satu hari saat pelaksanaan Pemilu. Para mahasiswa juga enggan untuk pulang akibat padatnya aktivitas kampus dan tumpukan tugas yang harus segera mereka selesaikan.

Ketiga, mahasiswa bisa dikatakan kurang paham dengan para calon, mereka tidak tahu pribadi masing-masing calon. Ini membuat kecenderungan pemikiran yang acuh dengan Pemilu.

Keempat, mahasiswa kerap kali dikecewakan oleh para pemimpin yang mereka pilih. Janji-janji yang digembar-gemborkan tak kunjung direalisasikan, namum malah banyak kasus yang terjadi disana-sini.

Bayangkan berapa juta warga Indonesia yang berstatus sebagai mahasiswa. Jika mahasiswa banyak yang memilih untuk Golput maka negara akan rugi berjuta suara. Anggaran Pemilu yang mencapai triliunan akan sia-sia karena Pemilu tak dapat berjalan optimal. Padahal pemikiran realistis dan demokratis mahasiswa sangat dinantikan di ajang pemilihan umum. Jika hasil pungutan suara Pemilu tak berasal dari seluruh warga negara maka bisa terjadi kemungkinan salah pilih pemimpin.

Lantas bagaimana agar Golput dilkalangan mahasiswa dapat diminimalisir? Tentu masih banyak cara untuk menanganinya. Perlu kiranya menyediakan fasilitas untuk para mahasiswa agar dapat memilih di TPS sekitar kampus yang mudah dijangkau, tidak memerlukan banyak biaya dan tidak menguras banyak waktu. Sosialisasi tentang Pemilu lebih digalakkan agar mahasiswa dapat paham dan lebih mengenal calon-calon pemimpin. Komitmen para calon pemimpin harus dipertegas, tak perlu banyak janji tapi realisasi itu lebih penting. Mungkin dengan beberapa solusi ini dapat menekan persentase Golput dikalangan mahasiswa.

COMMENTS

Nama

#ModalLaptopRezekiTop Al-Mizan Artikel Baduy Bahasa Belajar Sedekah Biyang BlackBery Bola Bola Indonesia BukuWaki Catatan Contact Us Demokrasi Design FM FM 2012 Game Idul Adha Islam Kampus Keras Kiat Sukses Konstitusi Laptop Layout Linguistik Makalah Manusia Melia Nature Novel Perjuangan Pondok Prediksi Liga Ingris Prediksi Liga Spanyol Propolis Puisi surat Teman Tips Trik Trik & Tips Tutorial Ps Uin Jakarta Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Video Windows
false
ltr
item
Waki Ats Tsaqofi's Official Web: Sistem yang Membuat Golput
Sistem yang Membuat Golput
http://3.bp.blogspot.com/-xh8bsffiyPg/U0M6TJd87yI/AAAAAAAAAxM/jMWjy49v-bU/s1600/dc2ae7ebb31c78ba2634b6eddf6f7c97_golput.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-xh8bsffiyPg/U0M6TJd87yI/AAAAAAAAAxM/jMWjy49v-bU/s72-c/dc2ae7ebb31c78ba2634b6eddf6f7c97_golput.jpg
Waki Ats Tsaqofi's Official Web
http://www.waki14.com/2014/04/sistem-yang-membuat-golput.html
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/2014/04/sistem-yang-membuat-golput.html
true
5178145929524703767
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy