Tak Cuma Hura-Hura, KKN Latih KitaRaih Mutiskills

Kata senior, masa kuliah kerja nyata (KKN) adalah masa tak terlupakan. Bayangkan saja, sekira satu bulan kita tinggal bareng dengan tema...


Kata senior, masa kuliah kerja nyata (KKN) adalah masa tak terlupakan. Bayangkan saja, sekira satu bulan kita tinggal bareng dengan teman-teman dari berbagai jurusan di desa dengan berbagai keterbatasan.

Tapi, siapa bilang KKN cuma menyediakan pengalaman hura-hura saat mahasiswa? Nyatanya, KKN justru melatih berbagai keterampilan kita; tidak hanya di bidang studi yang sedang kita tekuni, tetapi juga dari bidang lain. Sebab, kita memerlukan kompetensi multidisiplin ketika mencari solusi atas suatu masalah di masyarakat.

Selain melatih kompetensi multidisiplin, KKN juga melatih kepekaan mahasiswa dalam melihat masalah yang dihadapi masyarakat. Bonus lainnya, melalui perencanaan dan pembuatan berbagai program KKN, mahasiswa pun dapat belajar berkoordinasi dengan instansi terkait dan membangun networking.

Dengan KKN, maka kompetensi mahasiswa akan semakin meningkat. Sebab, mahasiswa tidak hanya memiliki kompetensi akademik, tetapi dengan KKN ini kalian akan melengkapinya dengan kemampuan kepemimpinan, manajerial dan kepedulian sosial.
Di bawah ini adalah kesan dan pesan selama menjalankan KKN di Desa Tanjakan
Dari beberapa rangkaian peristiwa dalam pengabdian kami di sebuah kampung kecil bernama Tegal yang berpenduduk kurang lebih 150 KK dan sangat bersahaja dalam penerimaannya terhadap kami. Sungguh sesuatu yang cukup berkesan di hati kami dan tentunya di hati mereka. Desa TanjakanKec. Rajeg Kab. Tangerang menjadi sebuah bukti kami dalam mengemban amanah sebagai mahasiswa UIN Jakarta untuk mencurahkan segenap kemampuan untuk pengabdian. Tentunya dalam hal positif dan konstruktif.

Kami 15 orang tim KKN UIN 074 yang memang lintas fakultas terdiri dari latar belakang keilmuan yang berbeda sangatlah saling mengisi, skill yang kami miliki sangat bervariasi dan membuat suasana KKN menjadi lebih berwarna dan tidak monoton.

Cinta yang membuat kami bertahan di Kampung Tegal, Desa Tanjakan, kecamatan Rajeg Tangerang. Warga dan Staff kelurahan yang sangat welcome kepada kami dengan memberikan banyak kemudahan serta partisipasi aktif dalam setiap kesempatan kegiatan yang kami buat.

Banyak kegiatan kami disana sampai terasa 1 hari begitu sangat sempit sekali, sampai terasa 1 bulan tidak cukup untuk kami, mulai dari penerimaan kami di Kantor kepala Desa Tanjakan, Penerimaan kami untuk mengajar di SDN Tanjakan III, Penerimaan kami, sebulan kami mengajar di sana, kami juga melakukan penerangan jalan untuk akses menuju Desa Tanjakan yang memang gelap gulita sekali sebelum kami lakukan penerangan disana. Kami juga melakukan renovasi masjid, dan menghiasinya dengan kaligrafi.

Diluar itu, kami juga banyak melakukan kegiatan baik yang berhubungan dengan pengabdian atau sosialisasi masyarakat. Misalnya; mengikuti pengajian majlis taklim setiap hari jumat (perempuan), penyuluhan hukum pernikahan, membantu para petani ngegebot padi.

Alhamdulillah ilmu yang kami dapat di UIN tidak sia-sia. Kami melakukan pengajaran setiap sore kepada adek-adek sekolah dasar sekitar, jarak yang mereka tempuh lumayan jauh sekitar 20 km untuk bertemu dengan kami, mereka tak menghiraukannya yang penting mereka mendapatkan ilmu baru dari kami. Tak jarang pemuda sekitar memalak mereka, ada yang pulang lagi ke rumahnya ada pula yang nekat untuk terus melanjutkan langkahnya menuju tempat pembelajaran tepatnya di Musholah Riyadussholihin. Terdetik di dalam hati rasanya malu sekali melihat kegigihan mereka. Saya hanya bias mendoakan mereka agar kelak menjadi orang yang sukses dan bermanfaat bagi masyarakat desa Tanjakan khususnya dan bangsa Indonesia umumnya.

Kami selalu bersama-sama baik dalam keadaan senang maupun duka inilah yang membuat kami semakin dekat satu sama yang lain, bisa memahami kebiasaan kami. Di sinikami belajar untuk selalu bersama, melakukan segala hal yang belum kami lakukan, belajar tak egois satu sama yang lain walau tak jarang ada berselisihan di antara kami tapi itu tak membuat kami musuhan ataupun menjauh malah kami semakin dekat.

Pada minggu akhir kami mengadakan kegiatan “Tabligh Akbar sekaligus penutupan KKN di desa ini” hampir seluruh warga desa Tanjakan mulai dari anak-anak sampai yang tua turut hadir dalam acara itu. Dua hari kami mempersiapkan acar ini supaya meriah, mencari botol bekas Kratingden, bamboo untuk dijadikan sebagai obor. Pada sore hari esoknya kami menaruh obor-obor yang kami buat di sepanjang jalan menuju lokasi Tabligh Akbar itu. Adzan Maghrib berkumandang Ody bersama Wildan mulai menyalakan obor-obor itu, satu demi satu obor itu menyala sampai akhirnya menyala semua tak sadar langit pun berubah gelap di tengah kegelapan terdapat obor-obor kecil menyala membuat keindahan tersendiri.

Acarapun lancer. sampailah pada detik-detik yang sama sekali tidak kami inginkan yaitu perpishan, selama hampir satu bulan kami menjalankan acara demi acara dalam rangka Pengabdian Masyarakat ini. Tidak pernah kami sangka semua menangis, isak haru mewarnai penglepasan kepergian kami, Moment pembacaan puisi dan Kesan-Pesan untuk Warga Tanjakan sangat lah berkesan, dan ditutup oleh pemberian symbolis untuk desa Tanjakan yang diberiakan langsung kepada Pak Lurah. Sungguh perpisahan yang manis.. dan sangat tidak disangka-sangka karena mereka sudah sangat merasa dekat dengan kami, begitupun kami, hampir 30 hari mereka menemani kami, melihat tawa dan ketulusan mereka meskipun hidup dalam keadaan seadanya. Kami tidak akan pernah melupakan Tanjakan dan kami berjanji kami pasti kembali…
Tepat tanggal 8September 2014 pukul 15.30 kami pergi meninggalkan Tanjakan, hamparan sawah terlihat jelas dan tersenyum pada kami, udara sejuk, kampung bersahaja selamat tinggal…

COMMENTS

Nama

#ModalLaptopRezekiTop Al-Mizan Artikel Baduy Bahasa Belajar Sedekah Biyang BlackBery Bola Bola Indonesia BukuWaki Catatan Contact Us Demokrasi Design FM FM 2012 Game Idul Adha Islam Kampus Keras Kiat Sukses Konstitusi Laptop Layout Linguistik Makalah Manusia Melia Nature Novel Perjuangan Pondok Prediksi Liga Ingris Prediksi Liga Spanyol Propolis Puisi surat Teman Tips Trik Trik & Tips Tutorial Ps Uin Jakarta Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Video Windows
false
ltr
item
Waki Ats Tsaqofi's Official Web: Tak Cuma Hura-Hura, KKN Latih KitaRaih Mutiskills
Tak Cuma Hura-Hura, KKN Latih KitaRaih Mutiskills
http://4.bp.blogspot.com/-MTsQ1RVgVOU/VCF8jc4yHqI/AAAAAAAAA34/jmN7w7sbPc8/s1600/10505615_816081215070994_3487645414997599730_n.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-MTsQ1RVgVOU/VCF8jc4yHqI/AAAAAAAAA34/jmN7w7sbPc8/s72-c/10505615_816081215070994_3487645414997599730_n.jpg
Waki Ats Tsaqofi's Official Web
http://www.waki14.com/2014/09/tak-cuma-hura-hura-kkn-latih-kitaraih.html
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/2014/09/tak-cuma-hura-hura-kkn-latih-kitaraih.html
true
5178145929524703767
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy