Urip Mung Numpang Ngombe

Apakah benda yang paling banyak dicari orang di dunia ini? UANG. Sebagian dari kita hampir pasti menjawab demikian. Mungkin ada yang ...

Apakah benda yang paling banyak dicari orang di dunia ini? UANG. Sebagian dari kita hampir pasti menjawab demikian. Mungkin ada yang menjawab dengan benda lain, tetapi kalau mau dibandingkan, tentu saja yang menjawab uang akan lebih banyak. Sekarang ini, uang adalah the most wanted in the world.

Dalam kehidupan sehari-hari, uang sering dibanding-bandingkan dengan suatu hal, untuk menunjukkan banyak fenomena atau gejala kehidupan. Misalnya, uang dibandingkan dengan pembicaraan. Kalau Anda titip uang pada orang lain, ada kemungkinan jumlahnya berkurang. Tapi kalau anda titip pembicaraan pada orang lain, kemungkinan besar bertambah. Perbandingan ini memperlihatkan beberapa fenomena di masyarakat. Pertama, manusia suka menambah-nambahkan pembicaraan dengan ‘bumbu penyedap’ sehingga cerita jadi lebih menarik, sekalipun cerita itu sudah keluar dari fakta yang sebenarnya. Kedua, manusia seringkali tidak amanah jika dititipi uang. Seringkali jumlah uang berkurang ketika sampai di tempat tujuan. Fenomena menguapnya dana-dana bantuan ketika sampai pada para penerima adalah salah satu bukti nyata.

Karena perbandingan itulah, uang sering digunakan sebagai indikator untuk menunjukkan baik-buruknya seseorang. Uang ibarat kertas lakmus, yang bisa membedakan seseorang itu bersifat ‘asam’ atau ‘basa’. Titipkan uang padanya, untuk diserahkan kepada orang lain atau untuk kita ambil kembali. Kalau jumlahnya berkurang, yakinlah bahwa orang itu perilakunya buruk. Tapi kalau jumlahnya tetap atau bahkan bisa bertambah, orang itu perilakunya baik.

Ternyata, konteks ini tidak hanya berlaku untuk perorangan, tetapi juga pada suatu lembaga. Jadi, kalau ada suatu lembaga yang dititipi sejumlah dana, dan ia bisa menjaga dan mengelolanya hingga jumlahnya tidak berkurang atau bahkan bisa berlebih, maka lembaga ini bisa disebut sebagai sebuah lembaga yang baik. Sebaliknya, apabila ada suatu lembaga yang mengemplang dana titipan, menggunakannya untuk kepentingan pribadinya, atau hal-hal lain yang melanggar hukum, sehingga menyebabkan pihak penitip kehilangan dananya, maka lembaga ini bisa dicap sebagai lembaga yang buruk.

Orang-orang yang baik, atau lembaga-lembaga yang baik, memperlakukan dana-dana yang dititipkan padanya, benar-benar hanya sebagai titipan. Sebanyak apapun jumlah dananya. Tidak ada maksud untuk memiliki atau menguasainya. Dana yang dititipkan, dicatat dengan baik, kemudian dikelola dengan cara-cara yang baik. Suatu saat, ketika si penitip atau pemilik dana bermaksud menarik dananya, maka dana itu harus diberikan. Tentu saja harus disertai dengan beberapa persyaratan yang membuktikan kepemilikannya.

Ada satu kata penting. Kredibilitas. Dana titipan nasabah dijaga dan dikelola, sehingga siap untuk diserahkan setiap saat jika nasabah ingin menariknya. Tidak pernah keluar alasan, kami kekurangan dana.

Inilah filosofi kehidupan. Harta kita, adalah titipan. Anak-anak kita, adalah titipan. Ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki, adalah titipan. Ketenaran, adalah titipan. Nyawa kita, adalah titipan. Bisa jadi hari ini kita dititipi-Nya harta yang melimpah. Bisa jadi hari ini kita dititipi-Nya jodoh yang salehah, pandai, dan menyenangkan. Bisa jadi hari ini kita dititipi-Nya pengetahuan dan keterampilan terbaik. Bisa jadi juga, hari ini kita dititipi-Nya karunia kehidupan yang membahagiakan. Semuanya itu, adalah anugerah yang harus kita syukuri.

Filsafat jawa menyebut Manungso Urip Mung Numpang Ngombe. Kehidupan manusia hanya sekedar mampir minum saja. Hanya sebentar. Harta yang kita miliki, bersifat sementara. Ia bisa berkurang, dan bisa juga bertambah. Pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki, suatu saat mungkin tidak akan berguna. Kita lahir sebagai nothing, hari ini mungkin sudah jadi something. Akankah kondisi something itu bisa terus kita pertahankan sepanjang usia dunia? Dan nyawa yang hari ini menyatu dalam badan kita, suatu saat akan diminta-Nya kembali. Tidak ada yang abadi. Semua itu adalah titipan. Suatu saat, Sang Pemilik akan mengambilnya. Cepat atau lambat. Tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Perlakuan kita terhadap titipan-Nya, akan menentukan tujuan paling akhir dari kehidupan kita masing-masing. Kondisi akhir titipan itu pada saat akan diambil oleh Sang Pemilik, akan menentukan baik-buruknya kita. Sampai saat ini, Banyak organisasi sudah dan masih terus membuktikan dirinya sebagai lembaga yang baik. Bagaimana dengan kita?

COMMENTS

Nama

#ModalLaptopRezekiTop Al-Mizan Artikel Baduy Bahasa Belajar Sedekah Biyang BlackBery Bola Bola Indonesia BukuWaki Catatan Contact Us Demokrasi Design FM FM 2012 Game Idul Adha Islam Kampus Keras Kiat Sukses Konstitusi Laptop Layout Linguistik Makalah Manusia Melia Nature Novel Perjuangan Pondok Prediksi Liga Ingris Prediksi Liga Spanyol Propolis Puisi surat Teman Tips Trik Trik & Tips Tutorial Ps Uin Jakarta Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Video Windows
false
ltr
item
Waki Ats Tsaqofi's Official Web: Urip Mung Numpang Ngombe
Urip Mung Numpang Ngombe
http://2.bp.blogspot.com/-9r3Yfc7uenY/UdB2h_ekMdI/AAAAAAAAAdk/8LAzcKPUrJc/s1600/935263_585203948165313_1376428778_n.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-9r3Yfc7uenY/UdB2h_ekMdI/AAAAAAAAAdk/8LAzcKPUrJc/s72-c/935263_585203948165313_1376428778_n.jpg
Waki Ats Tsaqofi's Official Web
http://www.waki14.com/2014/10/urip-mung-numpang-ngombe.html
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/2014/10/urip-mung-numpang-ngombe.html
true
5178145929524703767
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy