Kenapa Saya Pilih PMII

Universitas, Institut, atau Sekolah Tinggi, tempat menuntut ilmu (kuliah) setiap harinya selama empat tahun atau lima tahun, bahkan le...


Universitas, Institut, atau Sekolah Tinggi, tempat menuntut ilmu (kuliah) setiap harinya selama empat tahun atau lima tahun, bahkan lebih, heheh semoga kita dapat selesai pada waktunya. Mahasiswa baru (Maba) tidak tahu bagaimana kehidupan di kampus dari segi sistem perkuliahan, birokasi dan segala aktifitas organisasi yang ada di dalamnya, dan lain sebagainya. Itulah yang dirasakan Penulis pada waktu tiga tahun silam.

Namun hal itu terkikis dengan adanya pendekatan dari kakak seniornya ketika di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau Madrasah Aliyah (MA) maupun pesantren yang dulu ditempati. Selain itu, ada orang lain yang mendekati demi sebuah organisasi yang mulai digelutinya ketika masuk kampus, baik organisasi internal maupun eksternal agar bisa mengikuti jejaknya.

Lalu saya putuskan untuk masuk (menjadi) Anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Ada beberapa hal yang perlu diketahui kenapa Saya harus pilih PMII?

PMII merupakan organisasi pengkaderan yang lahir dari warga nahdliyin (NU). Selain itu, PMII bukan hanya sekedar organisasi masa (Ormas) seperti organisasi lainnya. Ternyata, PMII memiliki kelebihan dibanding dengan yang lain. Sama halnya ketika kita masuk dan mendaftarkan diri untuk menjadi anggota atau kader tentunya kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang berbeda. Sudah disinggung di atas bahwasannya PMII mempunyai nilai yang lebih yang tidak dimiliki oleh organisasi lainnya. Adapun nilai lebih yang dimiliki PMII, ialah;

1. Islam Nusantara
Islam Nusantara memberi karakter bermazhab dalam teks-teks para ulama NUsantara untuk menyambungkan kita dengan tradisi leluhur kita, untuk kita hormati, dan untuk meneladani contoh-contoh terbaik yang mereka hasilkan. Maka dalam PMII tradisi-tradisi Islam Nusantara terus dijaga.
 
2. Ahlussunnah Waljama'ah (Aswaja)
Aswaja dijadikan sebagai Manhaj Al-fiqr (Metode Berfikir) oleh warga PMII dan sebagai pijakan berfikir, Aswaja merupakan tawaran atau pilihan yang sangat mengena untuk setiap anggota atau kader. Karena Aswaja merupakan ikatan kultural ideologi NU, bukan secara struktural.

3. Nilai Dasar Pergerakan (NDP)
Menjadi sumber kekuatan ideal moral dari aktifitas pergerakan, pusat argumentasi, dan pengikat kebenaran dari kebebasan berfikir, berucap dan bertindak dalam aktifitas pergerakan. Adapun nilai-nilainya, antara lain; Tauhid, Hubungan dengan Tuhan, Hubungan dengan Manusia, Hubungan dengan Alam, dan Hubungan dengan Ilmu.


4. Paradigma Kritis-Transformatif
Paradigma dalam PMII dapat dirumuskan sebagai titik pijak untuk menentukan cara pandang, menyusun sebuah teori, menyusun pertanyaan, dan sesuai dengan tuntutan keadaan masyarakat PMII baik secara sosiologis, politis, dan antropologis. Maka PMII memilih paradigma kritis-transformatif sebagai pijakan organisasi. Dalam mewujudkan trasformasi sosial PMII bukan hanya berpijak pada paradigma kritis saja. Mengapa demikian? Karena paradigma kritis hanya mampu melakukan analisis tetapi tidak mampu melakukan organizing atau mengaktualisasikan, menjabatani, dan melakukan perubahan sosial. Karenanya, paradigma kritis yang digunakan PMII adalah kritik yang mampu mewujudkan perubahan sehingga menjadi paradigma kritis-transformatif. Dalam hal ini paradigma kritis-transformatif dituntut untuk memiliki instrumen-instrumen gerak yang biasa dilakukan oleh PMII.


Selain hal di atas PMII juga mempunyai format profil yang berupa:

  1.  Dikir, Fikir dan Amal Sholeh (Motto PMII) 
  2. Taqwa, Intelektualitas dan Profisionalitas (Tri Khidmad PMII)
  3. Kejujuran, Kebenaran dan Keadilan (Tri Komitmen PMII)
  4. Ulul Albab (Eka Citra Diri PMII)

Kenapa PMII memakai Ulul Albab sebagai Eka Citra Diri? Sebab Ulul Albab mempunyai cita-cita yang luhur dan agung dalam membentuk kadernya yang berupa:

  1. Berkesadaran historis-Primordial atas relasi Tuhan-Manusia-Alam;
  2. Berjiwa optimis-Trasendental-atas kemampuan mengatasi masalah kehidupan;
  3. Berfikir secara dealektis;
  4. Bersikap kritis.

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Nama

#ModalLaptopRezekiTop Al-Mizan Artikel Baduy Bahasa Belajar Sedekah Biyang BlackBery Bola Bola Indonesia BukuWaki Catatan Contact Us Demokrasi Design FM FM 2012 Game Idul Adha Islam Kampus Keras Kiat Sukses Konstitusi Laptop Layout Linguistik Makalah Manusia Melia Nature Novel Perjuangan Pondok Prediksi Liga Ingris Prediksi Liga Spanyol Propolis Puisi surat Teman Tips Trik Trik & Tips Tutorial Ps Uin Jakarta Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Video Windows
false
ltr
item
Waki Ats Tsaqofi's Official Web: Kenapa Saya Pilih PMII
Kenapa Saya Pilih PMII
http://3.bp.blogspot.com/-3_0It1q3mzA/VTW-skRZKUI/AAAAAAAABCg/HEfqk_V9X1A/s1600/IMG_2565.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-3_0It1q3mzA/VTW-skRZKUI/AAAAAAAABCg/HEfqk_V9X1A/s72-c/IMG_2565.jpg
Waki Ats Tsaqofi's Official Web
http://www.waki14.com/2015/04/kenapa-saya-pilih-pmii.html
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/2015/04/kenapa-saya-pilih-pmii.html
true
5178145929524703767
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy