Menulis Kata "Insya Allah" Sesuai Pedoman EYD

Selamat pagi sahabat blogger. Pagi hari di akhir pekan ini enaknya baca buku sambil ngopi ditemani gorengan di teras. Tapi pagi ini saya ...

Selamat pagi sahabat blogger.
Pagi hari di akhir pekan ini enaknya baca buku sambil ngopi ditemani gorengan di teras. Tapi pagi ini saya akan menjelaskan tentang penulisan kata insya Allah yang sesuai dengan EYD dan/atau KBBI. 

Bermula dari pic Dr. Zakir Naik dalam bahasa Inggris yang menyatakan bahwa penulisan yang benar adalah "In Shaa Allah", bukan "Insya Allah atau "Insha Allah" karena "Insha Allah" berarti "Create Allah" yang sering kita temukaan di media sosial baik dijadikan DP BBM, dishare ke grup2 WA, dan lainnya, kalau gak salah gambarnya kaya gini;




Dr. Zakir Naik merujuk kepada penulisan dalam bahasa Arab إِنْ شَاءَ اللَّهُ  yang WAJIB ditulis terpisah antara huruf nun & syin-nya.

Arti harfiahnya sebagai berikut:

إِنْ (in/jika)

شَاءَ (syaa-a/menghendaki)

الله (Allahu/Allah)

Jika Allah menghendaki.
Sedangkan kata إِنْشَاء (dengan nun & syin menyambung) berarti "membuat".

Lalu apakah yang menulis dengan "Insha Allah" atau "Insya Allah" lantas berdosa? Saya yakini tidak karena ia sama sekali TIDAK BERNIAT mengatakan "create Allah". Penulisan tersebut juga sudah sangat umum dalam masyarakat kita & tidak ada seorangpun yang memahami maknanya sebagai "create Allah" kan? :)


Satu hal yang sangat perlu kita perhatikan di sini: Bahasa pengantar Dr. Zakir Naik tersebut adalah bahasa Inggris. Ini terkait dengan transliterasi bahasa Arab ke bahasa-bahasa lain yang memiliki beberapa perbedaan. Dua huruf "sh" dalam literasi bahasa Indonesia digunakan untuk huruf shad (ص), bukan syin (ش). Sementara dalam transliterasi Arab-Inggris berlaku, huruf "sh" adalah untuk huruf syin (ش), sedangkan huruf shad (ص) menggunakan "s" dengan titik di bawahnya.

BAGI kalangan tertentu, penulisan kata/istilah Arab dalam bahasa Indonesia sering "jadi masalah". Banyak transliterasi (penyalinan dengan penggantian huruf dari abjad yang satu ke abjad yang lain) Arab ke Indonesia yang dipandang tidak tepat, salah satunya penulisan kata/istilah "Insya Allah".

Menurut "mereka", "alih huruf" Insya Allah itu menjadikan pengertiannya berebda dengan yang dimaksud. Kata mereka, yang benar itu Inshaa Allah.
Katanya, Insya Allah itu bermakna "menciptakan Allah" dan "Inshaa Allah"-lah yang bermaksud "jika Allah menghendaki".

Persoalannya adalah alih huruf "sya" menjadi "sy" atau "sh". Menurut panduan transliterasi bahasa Indonesia sih, yang baku adalah "sy".

Jadi, yang benar menurut bahasa Indonesia adalah Insya Allah seperti selama ini banyak digunakan. Bahkan, istilah "Insya Allah" sudah menjadi istilah baku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia:

in·sya Allah Isl ungkapan yg digunakan untuk menyatakan harapan atau janji yg belum tentu dipenuhi (maknanya 'jika Allah mengizinkan') (KBBI).


Pengertian & Makna Insya Allah
Penulisan Inshaa Allah itu dalam konteks bahasa Inggris. Tulisan asli bahas Arabnya: إن شاء الله

Ada tiga kata: in (jika), syaa-a (menghendaki), Allaahu (Allah), digabungkan menjadi "jika Allah menghendaki, merestui, atau mengizinkan".

Kata ustadz saya, kita tidak boleh "saya akan datang" misalnya, tapi harus pake insya Allah, menjadi "Insya Allah, saya akan datang" atau "saya akan begini begitu, Insya Allah". 
Dalilnya:
"Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan terhadap sesuatu 'sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok pagi' kecuali (dengan menyebut) Insya Allah." (QS.Al-Kahfi:23-24).

Beda lagi maknanya jika ditambahin lah, misalnya "Saya akan datang, insya Allah lah...!" Penambahan lah di sana bermakna ragu, gak janji deh, atau "ginama nanti aja".

Transliterasi Arab-Indonesia
Dalam transliterasi bahasa Indonesia, huruf Arab "sya" (sin besar atau huruf sin dengan tiga titik di atasnya) itu jadi "sy", seperti insya Allah, khusyu', syaithan, syirik, syahadat, syamsul, syahwat, syahid, Aisyah, Syaikh/Syekh, syukur, syafa'at, syahru, dll. (Silakan Cek: Pedoman Alih Aksara Arab-Indonesia) atau bisa dilihat Pedoman Translitrasi Berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 158 Tahun 1987 Nomor: 0543 b/u/1987. Bisa juga sahabat2 memiliki buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD) dilengkapi juga dengan pedoman pembentukan istilah, sejarah ejaan Bahasa Indonesia, translitrasi Arab-Latin, dan tips & trik mengetik Arab yang diterbitkan Pusat Penerjemahan dan Penerbitan (PUSMABIT) Fakultas Adab dan Humaniora. 


Yang berpendapat penulisannya yang benar adalah "Inshaa Allah" itu dalam bahasa Inggris yang memang mengubah "sya" (Arab) jadi "sh" (Inggris),  sebagaimana judul lagu hit nasyid-nya Maher Zain,  Insha Allah
 
Mari kita lantuntan reff-nya: Insha Allah... Insha Allah... Insha Allah... We'll find the way!!!

Dalam bahasa Indonesia, "sh" itu untuk huruf "shad", seperti shalat, Ashar, shaum, shiddiq, shabar, shohibul bait, shohih, shahih, dll.

Kesimpulan
Tinggal pilih, menuliskan aslinya dalam bahasa Arab (إن شاء الله), dalam bahasa Indonesia (Insya Allah), atau dalam bahasa Inggris (Inshaa Allah).
Penting gak sih "meributkan" masalah penulisan kata Insya Allah ini? Ya... penting gak penting! Tapi yang terpenting: mari kita biasakan mengatkan "Insya Allah" jika menyatakan hendak melakukan sesuatu.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. 
Boleh dishare jika bermanfaat.

COMMENTS

Nama

#ModalLaptopRezekiTop Al-Mizan Artikel Baduy Bahasa Belajar Sedekah Biyang BlackBery Bola Bola Indonesia BukuWaki Catatan Contact Us Demokrasi Design FM FM 2012 Game Idul Adha Islam Kampus Keras Kiat Sukses Konstitusi Laptop Layout Linguistik Makalah Manusia Melia Nature Novel Perjuangan Pondok Prediksi Liga Ingris Prediksi Liga Spanyol Propolis Puisi surat Teman Tips Trik Trik & Tips Tutorial Ps Uin Jakarta Ulumul Hadits Ulumul Qur'an Video Windows
false
ltr
item
Waki Ats Tsaqofi's Official Web: Menulis Kata "Insya Allah" Sesuai Pedoman EYD
Menulis Kata "Insya Allah" Sesuai Pedoman EYD
http://1.bp.blogspot.com/-FO1fDSCcB-g/Vk-o1uKiVRI/AAAAAAAABLA/capNfxVKKGs/s320/BcM922ICYAI-331.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-FO1fDSCcB-g/Vk-o1uKiVRI/AAAAAAAABLA/capNfxVKKGs/s72-c/BcM922ICYAI-331.jpg
Waki Ats Tsaqofi's Official Web
http://www.waki14.com/2015/11/menulis-kata-insya-allah-yang-sesuai.html
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/
http://www.waki14.com/2015/11/menulis-kata-insya-allah-yang-sesuai.html
true
5178145929524703767
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy